CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Monday, February 21, 2011

Drama

Punya anak perempuan yg menjelang umur ABG memang kadang bikin darah tinggi
Buat emak2 yg punya penyakit darah rendah kayak gue, emg obat gratis nih ibaratnya, gak usah susah2 makan sate kambing .
ada yang notice gak sih, kalo anak perempuan itu lebih judes dari anak laki2 ? (gue tunjuk tangan pelan2, ngaca sm diri sendirihh)

Well, Andra umurnya udah 8,5 tahun sekarang
udah kelas 3 SD
Andra, emg sifatnya rada terbalik sama Raya, adek nya yang laki2
kalo Raya lebih suka dan sering berkata - kata manis, kadang2 malah too too much dan jadi macam drama, Kalo andra justru lebih cuek
Raya sehari bisa bilang " I love you, mama cantik" sampe 10 kali dg sukarela ( baca : tanpa diancem sama mamanya..buahakhak).
Sementara dg Andra, kalo gue dengan syahdu bilang : " I love you kakak" dia dengan tampang lurus cuma bilang " he'eh" . Kalo orang pacaran, ini namanya cinta bertepuk sebelah tangan . Glek !

harus berkali2 ngingetin Andra untuk bilang : " hayo, bilang apa ? udh bilang makasih belom?" atau " Kakak udah tau kan kalo kakak salah ? kalo salah bilang apa ?"
baru deh dia bilang Terimakasihhh, atau Maaf.

Once Andra gak suka sama sesuatu, marah misalnya, biasanya ni anak super duper judes banget. hadeehhh, ini emaknya banget neeehhhh * toyor kepala ndiri*
I have to admit, i'm a little bit worry about this.
Menurut gue gak ada asik2nya kalo anak kecil judes , apalagi sama ibunya sendiri
kawatir kalo- kalo nanti besarnya kebablasan, gue bakal terus2an makan ati

So, kalo ini terjadi, biasanya gue akan mencoba segala cara buat ngasih tau andra kalo cara ngomong dia gak baik. Dari cara halus, membujuk, pura2 merajuk , diomongin datar dg kasih ultimatum, dihukum / time out , gue marah, sampe akhirnya kalo gak mempan juga ya gue murka setengah mati

Dan ini yang terjadi beberapa hari yang lalu...

Seperti biasa, karena andra sekolah siang dan pulang menjelang maghrib, acara mengerjakan PR di mulai setelah makan malem. Tapiiiiiiii ehhh tapiiiii, nyatanya, dlm prakteknya, sering banget begitu ngerjain , belum sempet diperiksa sama gue atau Papa nya ( karena PR andra harus di tandatangan untuk bisa di periksa gurunya), tu bocah udah keburu bete karena ngantuk berat.

Jadilah, acara mengkoreksi PR Andra dikerjakan oleh mama nya yang aduhai ini besok pagi nya.
Besoknya, setelah si Papa pergi ngantor, dan Raya pergi sekolah, gue mulai meriksain PR nya andra satu persatu.
Untuk jawaban yang menurut gue salah, akan gue lingkerin dan kemudian gue menyuruh andra untuk nyari jawaban yg bener.

Nah, disini nih mulai ngadat ... intinya Andra ngeyeeelll setengah mati , bilang kalo jawabannya gak perlu di rubah , gue udah biasa nih denger eyel2 annya Andra, pokoknya intiinyaa lagi nihh, Andra cuma males buat menghapus jawabannya, lalu kasih jawaban yg bener.

Bujuk membujuk udah, rayu merayu udah gue kerjain semua...eaaaa kok gak ada yg mempannn
Mulai naek darah nih gue. Kalo udh ngeyel, Andra super judes banget, kalo dia udh gede, lalu ngomong begitu dpn gue, pastilah gue bakal sakit hatiiiii setengah matik.
Gak usah gue ceritain dia ngomong apa aja, tp gak jauh2 dr bentakan dan sumpeeee gue panikkk banget.
takut kalo2 ni anak kebablasan ngomong begitu sama gue sampe gede.

Andra mulai ngamuk, karena gue keukeuh jawaban PR nya harus di benerin karena kalau nggak gue gak mau nandatanganin PR nya ( which means tu PR juga gak akan bisa di periksa gurunya)
Andra mulai bergaya macam org2 yg nonton konser heavy metal di lapangan bola, leloncatan ke sana kemari sambil nangis kenceng bangettt, trus sambil terus ngedumel judes ke gue.

Gue lalu beranjak ke kamar gue diatas , meninggalkan dia ngamuk di ruangan bawah sambil bilang : " terserah , kamu gak mau ngerjain juga gak papa ! tapi malam ini mama batal bawa kamu ke taman bacaan !! " ( beberapa terakhir Andra udh gak sabar nunggu hari ini karena malam ini jatahnya dia untuk pinjam buku di taman bacaan)

Gue Pede donggg melangkah ke atas, masuk kamar gue, dg asumsi, ni anak pastilah langsung ngerjain semua PR nya, krn udah gue ancem gk jadi ke taman bacaan

Gak lama dia masuk kamar gue , sambil bawa2 handuk mau mandi.
gue tanya : " udah dikerjain?"
andra : " belommm !! aku gak mauu !! blablablablbalabla * ngomel judes tiada terkiraa*

OH MY GOAT ! OH KAMBING KU !!!
gak mempan jugaaaaaaaaaaaa
dan Andra masih ngomel ala nenek2.
Gue Speechless.
Gue frustasi. keselll, lalu gue jalan ke arahnya
gue cubit dikit mulutnya sambil bilang sama dia kalau ngomong sama orang tua ada aturannya, membentak - bentak orang tua sangat gak sopan. Gue juga bilang kalau gue sakit hati
eaaaaaaaaaaa, sekali2 nya tanpa gue sadar gue ngomong semua itu sambil sesunggrukan di depan Andra.
Emaaaakk, kok gue pake nangis segala ?
Hadeuhh, skali2 nya gue murka sama andra sampe nangis saking speechless nya ya cuma kali ini.

Andra keliatan kaget ngliat gue nangis, tapi Teteuuuuppp ngedumel judes, gengsi nyudahin omelannya.
Gue bilang : " No school for you today. You are grounded. Kamu masuk kamar, dan gak keluar kamar sampe Papa dateng. Setelah Papa pulang kantor, kita nanti omongin lagi soal ini. Tapi sampai papa pulang kantor nanti, kamu diem di kamar, tolong pikirin sikap kamu barusan sama mama, bener apa nggak ? Boleh ke luar kamar untuk pipis dan pup, makan nanti di bawain sama mbak upi ke kamar"
Gue ngomong panjang lebar sambil msh sesunggrukan.
Masih aja ngeyel , walau akhirnya di lakonin juga tuh berdiam diri di kamar.

sejam berlalu ada yg ngetok kamar gue, trus ngomong :
" Ma, aku boleh stel radio gak di kamar ku ?"
hadeuh, she doesnt get the point emg yaaaaaa (speechless)
gue jawab dg pasrah : "terserah kamu"

setengah jam kemudian ada lagi yg ngetok kamar gue, ngomong :
" Mahhh, aku laper... bawain makanan ke kamar"

Hayaaaaahhhhh. ini di hukum apa bukan sikkk jadinyaaaa
kok ni bocah enjoyyy bgtt kayaknyaaa
eke jd bingung ndiri
huhuhuhu, mau ngasih hukuman tp kayaknya anaknya gak ngerti2.

Lepas Maghrib, Papanya dateng dan langsung menuju kamar andra
gak tau tuh berdua ngobrolin apa, krn pintu kamarnya di tutup
gue nunggu sambil nonton tipi di bawah (pan kamarnya andra di atas tuh)

kira2 setengah jam an (buset, lama juga yaaak??), Andra turun tangga, nyamperin gue trus bilang :
" Ma, aku mau ngomong sama mama"
gue nyaut kalem : " Mau ngomong sama Mama dimana?"
Andra : " Diatas"

Gue beranjak keatas, Andra menggiring gue ke kamarnya
gue duduk diatas tempat tidur Andra
Andra : " Ma, Maafin aku ya, aku gak gitu lagi"
Dia ngambil tangan gue, nyium tangan, nyium bibir gue trus meluk gue
Matanya berkaca2 dan suara nya mulai naik turun nahan tangis

Gue : " Gak gitu lagi, maksudnya gitu gimana kak?"

Andra : " Gak marah - marah lagi, gak bentak - bentak mama lagi "
Kali ini dia ngomong sambil nangis meledak - ledak.

Gue nyaut terharu sambil berkaca-kaca mellow
" Iya, mama maafin. Tapi bener ya, kakak gak ulang lagi ?"
gue peluk lagi si Andra, ni bocah masih sesunggrukan nangis heboh

Gue mulai meracau :
" Mama nya sayang banget sama kamu, nak. semua - semua buat kakak, semua semua buat kakak. Bukan buat yang lain. Jadi kalo kakak omong gak baik sama mama, mama sedihh.
Kalo mama mau , mama bisa kirim kakak ke pesantren, biar diajarin sama orang sana gimana cara ngomong sama Mama Papa, tapi mama yakin kalo mama belom butuh bantuan orang lain buat ngajarin kamu untuk ngomong manis sama mama dan papa "

Andra nambah nangis kejer. ntah karena terharu ato krn gue meluknya kekencengan.

Gue nambah ngomong lagi :
" Mama juga minta maaf karena tadi udah cubit Kakak, jangan kakak kira mama seneng hukum kakak seharian di dalam kamar gk boleh keluar gini...mama sedihh nakk. pengennya mah mama peluk2 an sama kakak di kamar..sayang2 an.. tapi gimana juga kakak harus tau kalo setiap perbuatan kita ada konsekuensi nya. Kamu juga harus tau semua ada aturannya, gimana cara ngomong sama orang lain, apalagi ngomong sama orang tua. Kakak ngerti kan ?"

Andra ngangguk - ngangguk sambil masih sesenggrukan.

Begitulah. Akhirnya karena malem ini drama ini udah berakhir, walaupun Andra gak jadi gue ajak untuk ke taman bacaan malem itu, tapi dia gue hadiahin dengan pinjem 4 buku Kecil Kecil Punya Karya malem itu.
Ya itung- itung karen udah minta maaf sm Mama nya.\

Besoknya ?
Ehhhh , ya, teteuppp judess aja gitu loh.
Apa ini emg turunan emaknya gak sih ?

0 komentar:

Post a Comment