CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Friday, May 3, 2013

Babyblues

Tau dong apa itu Babyblues ?

dari  www.bayisehat.com

BABY Blues Syndrome, atau sering juga disebut Postpartum Distress Syndrome adalah perasaan sedih dan gundah yang dialami oleh sekitar 50-80% wanita setelah melahirkan bayinya. Umumnya terjadi dalam 14 hari pertama setelah melahirkan, dan cenderunglebih buruk sekitar hari ke tiga atau empat setelah persalinan

gak pernah merasakan yang namanya babyblues setelah andra lahir. mmhhh, ato paling ngga, mungkin gak berasa dan gak sempet nerasain kali yah :D karena setelah melahirkan Andra, gue terlalu sibuk melakukan apa - apa sendiri . hihihi.

Di kelahiran Raya pun gitu, smooth smooth aja . Ya paling sekali dua kali berasa bad mood mendadak - mungkin lebih karena kurang tidur kali ya...

kemarin setelah kelahiran Aksara, akhirnya berasa juga nih yang namanya babyblues..
eh bener gak sih ini namanya babyblues? apa gue aja yang narik kesimpulan sendiri ?

Jadi beberapa hari setelah Aksara lahir, pulang dari rumah sakit, lalu besoknya aksara harus kembali nginep di rumah sakit karena bilirubinnya 23 (baca : tinggi banget) , pulang lagi, besoknya balik lagi nginep d rumah sakit...belum lagi urusan Asi yang masih belum bisa menuhin kebutuhannya Aksara, belum begadangnya, belum sedihnya ninggalin anak di rumah sakit...
itu kok ya rasanyaaa....*sigh*
sekonyong - konyong semuanya jadi salah aja gituh..
semuanya jadi bikin bete...boro2 bisa relax biar asi bisa lancar keluarrr
Capek ? well kemungkinan besar sih gitu..
tapi diem - diem gue mulai " menyesali" kenapa Aksara lahirnya kecepetan....3 minggu sebelum due date...dan mengakibatkan semua persiapan yg udh gue siapin jadi gak berguna sama sekali ...

Jadi... dulu waktu masih hamil sambil ngantor... kepala gue udah dipenuhin segala rencana demi menyambut kelahiran aksara ( yang sedianya -harusnya -errr kelahiran terakhirrrr yaaaa, secara niatnya gak mau punya anak lageee.... *eh nya ho'ohhh, udeh yang ketigaaa, menurut nganaaaa?*
gue udah siapin kamera SLR, siapin kamera pocket, siapin handycam, siapin Tripod (walo minjem *nyengir*) ,  I even planned to wear my best perfume on the delivery day..
karena gue mulai cuti , 3 minggu sebelum hari perkiraan melahirkan, maka persiapan - persiapan lainnya, sedianya akan disiapkan ketika udah mulai cuti dari kantor ..

contoh..
Mo beli sprei buat box bayik -   Ah, baiklah, sehari setelah cuti gue berencana bakal ke ITC ambassador untuk belanja segala kekurangan persiapan !

dan...
semuanya gatot.
gagal total aja gituh *sigh
Tau dong proses kelahiran Aksara yg super duper kilat ?
ALhamdulillah, lahirnya prosesnya cepat,...tapi , berasa kok kaya gak ada kenang2annya yah ...hihihi
Baby blues makin menjadi-jadi dong yahh...
ditambah Aksara yang setelah pulang ke rumah bolak balik nginep d rumah sakit karena kuning, dan urusan pemberian ASI yg masih terhambat, Aksara yang gak berhenti2 nenen, Aksara yg dinyatakan gagal tumbuh karena beratnya ga naik2, dlsb...
Belom lagi kondisi badan sendiri yang beberapa kali menggigil, demam , extremely fatique krn jarang tidur ....makaa....Baby blues pun nambah PARAH.
ho'oh, Parah.
jadi ya suka gitu...suka berasa deg-degan, sedih luar biasa , plus kerinduan LUAR BIASA sama saat-saat pas hamil...
smuanya membikin gue jadi uring-uringan  , BETE ga tau kenapa...

Inilah beberapa hal yg gue lakukan sampe akhirnya bener2 recover dari derita baby blues ini :
1. Tidur tidur dan Tidur
Seringnya ya dlm kondisi menyusui sambil tidur. Begitu Aksara tertidur - gue pun langsung ikut molor dg sukses.(dan bangun sambil gelagepan ngelap iler)  


2. Nonton DVD
In my case, yg paling ngaruh adalah nonton...ehm...pelem korea. Ga tau kenapa, film2 seri korea ini berasa ringan, cute dan lucu aja...jd gue jg kebawa nyantai

3. Dont be so hard to your self
Come on, ...Lo kan abis ngelahirin seorang bayi, menghabiskan 24 jam untuk ngeladenin bayi nyaris tanpa jeda, belum lagi jaitan yang sakitnya masih cetarrr membahana, dan kondisi badan yang demam bolak balik.... jangan kejam-kejam sama diri sendiri yah...kasian dong badannya....oleh karena itu... Gue makan apa aja yang memang mau gua makan, TANPA pantangan.  Berat badan naik ? errrrr... Bodo ah.
begitu berasa capek dan teler, Aksara akan gue limpahkan ke Nyokap/ Bokap (yg kebetulan waktu itu nginep di rumah) , atau si mbak.  Berbekal ASIP (ASI perah) , dulu di awal-awal gue pake Donor ASI, untuk kemudian di minumkan ke Aksara pd saat dia mau nyusu tanpa harus membangunkan mamanya yg lagi teler berat ini...

Terakhir.... Liat wajah si Aksara, cium2in perutnya, sambil liat dia ketawa....it makes me think of how lucky I am right now and there should not be any reason for a syndrome called Baby blues.


Alhamdulillah :)



0 komentar:

Post a Comment